twitter

Translate

Sabtu, 22 September 2012

Sejarah Detective Conan

 Detektif Conan (名探偵コナン Meitantei Konan?)adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan digambar oleh Gōshō Aoyama. Sejak tahun 1994 cerita ini dipublikasikan pada majalah Mingguan Shōnen Sunday yang terbit di Jepang. Serial ini menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorangdetektif sekolah menengah atas, yang tubuhnya mengecil akibat sebuah racun.
 Detektif Conan telah diterbitkan secara terus menerus di majalah antologi manga Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994 dan telah dikumpulkan dalam 73 volume tankōbon sampai dengan September 2011. Dalam versi bahasa Indonesia,Detektif Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang telah menerbitkan hingga volume 67 sampai dengan Mei 2012.
 Cerita ini kemudian diadaptasi dalam serial animasiTV yang diproduksi oleh TMS Entertainment danYomiuri Telecasting Corporation Jepang, dan masih ditayangkan hingga saat ini. Selain serial TV, cerita tentang tokoh detektif ini juga diterbitkan dalam bentuk animasi video asli (OVA), drama TV, spesial TV, film tuturan, permainan video, dan berbagai bentuk barang yang berkaitan dengan tokoh Detektif Conan.
 Viz Media melisensikan serial manga ini untuk publikasi berbahasa Inggris di Amerika Utara, sedangkan Funimation Entertainment melisensikan serial anime ini untuk daerah penyiaran di Amerika Utara. Kedua adaptasi bahasa Inggris tersebut menggunakan judul Case Closed dan nama karakter di dalamnya diganti untuk menghindari masalah hak cipta terhadap nama Detektif Conan.

Tokoh

Serial Detektif Conan menampilkan tokoh-tokoh ciptaan Gōshō Aoyama. Alur utama cerita ini berlatar belakang tempat di Jepang modern, dengan penggunaan nama-nama tempat sungguhan seperti Tokyo dan Osaka, dan juga menggunakan nama tempat fiktif seperti "Teitan", "Beika" dan "Haido". Nama tokoh versi Funimation Entertainment dan Viz Media (keduanya di Amerika Utara) memiliki sejumlah perbedaan dengan versi aslinya.
 Tokoh utama dalam seri ini ada 3, yaitu: Shinichi Kudo/Conan Edogawa, Ran Mouri, dan Kogoro Mouri. Seri ini juga melibatkan banyak pihak sungguhan dengan tokoh fiktif seperti Inspektur Megure sebagai anggota Kepolisian Jepang, Jodie Starling sebagai anggota Biro Investigasi Federal (FBI), maupun Ethan Hondo sebagai anggota Badan Intelijen Pusat (CIA). Seri ini juga menampilkan organisasi fiktif seperti Organisasi Hitam yang merupakan organisasi para tokoh antagonis dalam seri ini. Beberapa anak-anak yang bersekolah di SD Teitan juga membentuk sebuah grup detektif yang bernama "Grup Detektif Cilik".
Produksi
 Manga Meitantei Konan (Detektif Conan) dikarang oleh Gōshō Aoyama dan dipublikasi olehShōgakukan di Weekly Shonen Sunday sejak 2 Februari 1994.[11] Manga ini diadaptasi menjadi sebuah serial anime yang disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation. Episode pertama serial anime ditayangkan di Nippon Television Network System Jepang pada tanggal 8 Januari 1996.
 Gōshō Aoyama menyebut Arsène Lupin, Sherlock Holmes, dan film samurai karya Akira Kurosawasebagai faktor yang telah memengaruhi karyanya. Dalam wawancara dengan Sankei Shimbunpada tanggal 2 Oktober 2007, Gōshō mengisyaratkan dia telah merencanakan cerita penutup seri ini tetapi dia belum berniat mengakhiri seri ini. Ketika membuat sebuah cerita, dia berusaha untuk menjaga misteri segar dengan menempatkan mereka dalam situasi yang berbeda dan menghindari kata-kata rumit dan frasa untuk membuat pembaca yakin bisa mengikuti cerita. Dia mengungkapkan bahwa dia mengambil rata-rata 4 jam untuk menghubungkan sebuah cerita bersama, dan 12 jam untuk kasus yang sulit

1 komentar:

counter visit

Blogger news

Blogroll

Blogger templates